Blog Khusus Cak Rian

Menyampaikan kebenaran dan kedamaian

Kesimpulan Tafsir ibn Katsir

Tinggalkan komentar


Nama : Fitrian Imaduddin

Jurusan : Dakwah

Semester : V (lima)

TERJEMAH

Ibnu Jarir mengatakan, bahwa makna Alhamdulillah adalah segala syukur hanyalah dipersembahkan kepada Allah semata, bukan kepada apa yang disembah selainNya, juga bukan kepada semua makhlukNya, karena nikmatNya yang diberikan kepada hamba dan makhluknya yang tidak dapat dihitung dan tidak terbatas. nikmatNya itu antara lain tersedianya semua sarana untuk taat kepadaNya, kemampuan semua anggota tubuh yang digaskan untuk menjalankan kewajiban kepadaNya dan rejeki yang diberikan kepada semua mkhlukNya. Oleh karena itu, segala puji sjak awal hingga akhirnya hanya bagi Allah semata.

Ibnu Jarir juga mengatakan, bahwa Alhamdulillah adalah pujian yang digunakan allah untuk memuji diriNya sendiri, yang mengandung tuntutan kepada hambaNya supaya mereka memuji Allah, seakan-akan allah memerintahkan : “Katakanlah olehmu Alhamdulillah.”

Ibnu Katsir mengatakan bahwa Alhamdulillah yang digunakan oleh Ibnu Jarir sebagai pendapat karena sudah masyhur di kalangan ulama’ kontemporer bahwa Alhamdulillah adalah pujian dengan ucapan terhadap sifat-sifat lazimah dan muta’addiyah, sedangkan syukur hanya diucapkan terhadap sifat muta’addiyah saja. Di samping itu syukur dapat dilakukan dengan hati, ucapan dan perbuatan.

Seorang penyair berkata : “Tiga hal yang memberikan nikmat kepadaku, tanganku, lisanku dan hati yang lapang.”

KESIMPULAN

Allah sengaja memulai kitabNya dengan kalimat Alhamdulillah dengan maksud untuk menutun hambanya. Bahwa setelah mengucapkan kalimat : “Tiada Tuhan selain Allah”, harus merasa bahwa segala puja dan puji itu hanya untuk Allah semata. Sebab alif dan lam dalam lafadh Alhamdu menunjukkan makna yang tercakup segala jenis pujian hanya bagi Allah.

Penulis: fitrianimaduddin

Aku adalah petualang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s