Blog Khusus Cak Rian

Menyampaikan kebenaran dan kedamaian

SUDAH BODOH, ENOUGH LAGI…!!

Tinggalkan komentar


19 Februari 2010

Ini adalah cerita masa lalu mahasiswa STAIL angkatan 2007 semester II. Kejadian itu berlangsung pada pagi hari sekitar bulan maret tahun 2008. para mahaiswa STAIL sendiri sedang menjalani proses pembelajaran dan pengkaderan di kawasan “Kawah Candradimuka” gunung Kukusan Kecamatan Panceng Gresik

Pengajar kami di Pondok Pengkaderan Panceng, Gresik.adalah Ustadz Akrom dan Ustadz Damanhuri. Sebenarnya Ustadz Akrom dan Ustadz Damanhuri bukan hanya pengajar kami selama menjalani proses pengkaderan di Panceng, Gresik. Mereka juga bertindak sebagai pengasuh kami. Bahkan, merekalah yang menggantikan posisi “orangtua” kami dalam jangka waktu satu tahun pembelajaran dan pengkaderan di Kampus kedua STAIL Panceng, Gresik.

Saat itu, para mahasiswa STAIL sedang mengikuti materi bahasa Inggris Vocabulary. Yaitu menghapal beberapa kosakata bahasa inggris oleh seluruh mahasiswa. Kebetulan, yang menjadi pengajar kami waktu Dosen yang terkenal “kejam” di kalangan Mahasiswa STAIL. Saat memberikan materinya, Ustadz Akrom tak segan-segan menyuruh mahasiswanya yang terlihat mengantuk untuk “Push-up”. Pelajaran pun berlangsug semakin menarik ketika satu-persatu mahasiswa maju untuk menyetor hafalannya. Para mahsiswa yang berhasil menghafal vocab, dipersilahkan duduk lagi ke tempatnya. Sementara, para mahasiswa yang belum berhasil menghafal vocabnya, Ustadz Akrom terus menyuruhnya untuk terus menghafalnya sampai hafal.

Ketika pukul sepuluh pagi, ketika waktu pelajaran mendekati usai, para mahasiswa pun bermaksud mengingatkan Ustadz Akrom dengan celotehan, “Ustadz, enough….”. Suara para mahasiswa pun bersahut-sahutan dengan kata-kata yang sama. Ada juga yang mengatakan dalam bahasa Arab, “Intahal Waqt, Ustadz…”.

Kontan Ustadz Akrom yang sudah jengkel dengan kelakuan para anak didiknya tersebut, lalu mengatakan dengan suara yang agak keras, “Udah bodoh, Enough lagi…!!”. Para mahasiswa itu pun terdiam untuk sesaat. Selang beberapa saat, materi pun berakhir.

Pada malam harinya, Ustadz Akrom pun menjelaskan kepada para mahasiswa bahwa kata-kata yang diucapkannya pada pagi hari itu memang terkesan kasar. Namun, itulah kenyataan yang dilihatnya. Beliau menuturkan, bahwa mental para mahasiswa STAIL yang ia ajar memang sesuai seperti kata-katanya, “Udah bodoh, Enough lagi…!!” tersebut. Bagaimana tidak, materi Tenses hanya sedikit mahasiswa yang paham. Materi Vocabularies pun demikian. Beliau menuturkan, dikasih kata-kata yag sedikit saja, menghafalnya lama sekali. Sudah begitu, kalau sudah jam pelajaran hampir selesai, para mahasiswa selalu ingin cepat-cepat selesai dengan berceloteh kepada para dosennya dengan kata-kata, “Ustadz, enough…” atau “ Intahal Waqt, Ustadz…”.

Ungkapan “Udah bodoh, Enough lagi…!!” memang telah terpatri dalam otak dan hati para mahasiswa STAIL yang pada maret 2010 ini telah mencapai semester VI. Tetapi, tidak hanya kata-kata “pedas” itu yang akan kami ingat. Juga Ustadz Akrom yang telah banyak memberikan kami pelajaran dan kenangan.

Penulis: fitrianimaduddin

Aku adalah petualang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s