Blog Khusus Cak Rian

Menyampaikan kebenaran dan kedamaian

TIGA SIFAT HATI

Tinggalkan komentar


19 februari 2010

Saat itu, tepatnya tanggal 13 februari 2010, saya mendengarkan pengajin rutin ba’da subuh di Ponpes Hidayayatullah Surabaya. Waktu itu yang bertindak sebagai pendidik kami adalah Ustadz Endang Abdurrahman.

Kitab yang dibahas beliau pada waktu itu adalah “Tazkiyatun Nufus”. Materi yang dibahas adalah mengenai “tiga sifat hati”.

Sifat hati yang pertama adalah hati yang sehat. Yang dimaksud dengan hati yang sehat menurut kitab itu adalah hati yang mudah menerima ajakan kebaikan, ajakan kebenaran dan cepat menyadari jika tingkah lakunya berupa kesalahan-kesalahan dan dosa.

Sifat hati yang kedua adalah hati yang sakit. Yaitu, Hati yang susah untuk diajak kepada kebaikan, diberi nasihat kebenaran dan lebih cenderung untuk berbuat kemaksiatan. Perlu usaha keras untuk menyadarkan orang dengan hati berkategori sakit tersebut.

Sedangkan sifat hati yang terakhir adalah hati yang mati. Yaitu hati yang telah tertutup untuk menerima ajakan kebaikan, diberi nasihat kebenaran dan sudah tenggelam dalam perbuatan dosa dan maksiat.

Kita sebagai seorang muslim tentunya berharap agar hati kita termasuk hati yang sehat setiap saat. Kita tidak ingin hati kita termasuk hati yang sakit, lebih-lebih hati yang mati,. Na’udzu billah min dzalik.

Penulis: fitrianimaduddin

Aku adalah petualang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s