Blog Khusus Cak Rian

Menyampaikan kebenaran dan kedamaian

PERSEBAYA SURABAYA

Tinggalkan komentar


Persatuan Sepak bola Surabaya (disingkat Persebaya) adalah sebuah tim sepak bola Indonesia yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Persebaya pada musim 2006 bermain di Divisi Satu Liga Indonesia.

Suporter Persebaya dikenal sebagai bonek (bondo nekat) karena kefanatikannya terhadap Persebaya.

Nama lengkap             :Persatuan Sepak bola Surabaya

Julukan                        : Bajul Ijo, Green Force

Didirikan                     : 1927

Stadion                        : Gelora 10 November, Surabaya, Indonesia (Kapasitas: 35.000)

Manajer                       : Saleh Ismail Mukadar

Pelatih                         : Rudy William Keltjes

Liga                             : Liga Super Indonesia

2008-09                       : Divisi Utama, Peringkat 4 (Juara Play-off)

Kelompok suporter     : Bonek, Yayasan Suporter Surabaya

Berdiri                         : 1927

Alamat                        : Jl. Karanggayam No. 1 Indonesia

Telepon                      : +62 (031) 503 2250

Sejarah Persebaya

Persebaya di dirikan oleh Paijo dan Pamudji.pada awal berdirinya,Persebaya bernama Soerabhaianche Indonesische Voetbal Bond atau di singkat SIVB. Pada saat itu di surabaya juga ada klub sepak bola bernama Sorabaiasche Voebal Band ( SVB ) ini berdiri pada tahun 1910 dan pemainnya adalah orang orang Belanda yang ada di Surabaya.

Ketika Belanda kalah dari jepang pada tahun 1942,merosotlah prestasi SVB.sebaliknya,SIVB yang hampir semua pemainnya adalah orang pribumi dan sebagian kecil orang thionghoa prestasinya sangat melejit.Akhirnya pada tahun 1943 SIVB berganti nama menjadi PERSIBAJA ( Persatuan Sepak Bola indonesia Soerabaja ) pada era ini perbaja di ketuai oleh Dr. Soewandi.kala itu Persibaja berhasil meraih gelar juara antar bonden ( antar klub ) pada tahun 1951 dan 1952.

Tahun 1960,nama Persibaja di ganti menjadi PERSEBAYA ( Persatuan Sepak Bola Surabaya ). Pada era perserikatan ini,prestasi Persebaya juga istimewa.Persebaya adalah salah satu dari raksasa perserikatan selain PSMS Medan PSM Makassar,PERSIB Bandung maupun PERSIJA JAKARTA.Dua kali PERSEBAYA menjadi juara pada tahun 1978 dan 1987.

Prestasi gemilang persebaya terus terjaga ketika PSSI menyatukan klub Perserikatan dan Galatama dalam kompetisi bertajuk LIGINA sejak tahun 1994.berselang 10 tahun setelah merebut gelar juara Perserikatan pada tahun 1987,persebaya merebut gelar Ligina III pada tahun 1997.siklus juara sepuluh tahunan tersebut berhasil di pecahkan ketika tahun lalu pada Ligina ke X, Persebaya merebut gelar juara untuk kali kedua dan prestasi Persebaya ini belum ada klub yang mampu menyamai nya.

Pada Liga Indonesia 2002, Persebaya melakukan aksi mogok tanding saat menghadapi PKT Bontang dan diskors pengurangan nilai. Kejadian tersebut menjadi salah satu penyebab terdegradasinya Persebaya ke divisi I.

Tiga tahun kemudian atau tahun 2005, Persebaya menggemparkan publik sepak bola nasional saat mengundurkan diri pada babak delapan besar sehingga memupuskan harapan PSIS dan PSM untuk lolos ke final.

Atas kejadian tersebut Persebaya diskors 16 bulan tidak boleh mengikuti kompetisi Liga Indonesia. Namun, skorsing direvisi menjadi hukuman degradasi ke Divisi I Liga Indonesia.

Manajer Persebaya

Sponsor

* Sponsor Utama    : AIM Biscuits

* Apparel                : Diadora

Pemain-pemain terkenal

Persebaya juga dikenal sebagai klub yang sering menjadi penyumbang pemain ke tim nasional Indonesia baik yunior maupun senior. Sederet nama seperti Abdul Kadir, Rusdy Bahalwan, Rudy Keltjes, Didiek Nurhadi, Soebodro, Riono Asnan, Yusuf Ekodono, Syamsul Arifin, Subangkit, Mustaqim, Eri Irianto, Bejo Sugiantoro, Anang Ma’ruf, Hendro Kartiko, Uston Nawawi, Chairil Anwar, dan Mursyid Effendi merupakan sebagian pemain timnas hasil binaan Persebaya.

Salah satu yang cukup dikenang adalah Eri Irianto, pemain timnas era 1990-an yang meninggal dunia pada tanggal 3 April 2000 setelah tiba tiba menderita sakit saat Persebaya menghadapi PSIM Yogyakarta dalam pertandingan Divisi Utama Liga Indonesia 1999/2000. Eri Irianto meninggal di rumah sakit pada malam harinya. Nama Eri kemudian dipakai sebagai nama Wisma/Mess Persebaya yang diresmikan pada tanggal 25 April 1993.

Persebaya pernah mendapat pemain yang sangat berkualitas di ajang Liga Djarum 2005, pemain itu bernama Zeng Cheng ia berposisi sebagai Kiper. Zeng Cheng berasal dari China dan bagusnya ia membela Timnas U-20 China sebagai Kiper Cadangan. Dan sekarang, Zeng Cheng masuk daftar Kiper ketiga di Timnas Senior China.

Pada tahun 2009 Persebaya Surabaya telah mendapatkan pemain bintang asli Indonesia diantaranya : Wijay, Korinus Fingkreuw dari Sriwijaya FC, dan Supriyono dari Persija Jakarta. Dimana tiga pemain ini pernah membela Timnas Indonesia di ajang Internasional.

Di musim 2009/2010 Persebaya Surabaya telah mendatangkan pemain asing diantaranya : Ngon A Djam asal Kamerun, John Tarkpor Sonkaley yang juga Pemain Timnas Liberia, Josh Maguire asal Australia, Dan Defender asal Jepang Takatoshi Uchida.

Skuad Persebaya Surabaya pada ISL 2009/2010

* Pelatih Kepala                  : Rudy William Keltjes

* Direktur Teknik                : Danur Windo

* Asisten Pelatih                 : Ibnu Grahan – Gomes De Olivera

* Asisten Pelatih Kiper       : Machrus Afif

* Dokter Tim                       : Hery Siswanto

Manajer Persebaya

Nama                                       : H Saleh Ismail Mukadar SH

Tempat/Tgl Lahir               : Pulau Buru, 25 Desember 1963

Pekerjaan :

• Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya

• Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur

• Ketua DPP Aspekindo Jawa Timur

• Ketua Pengcab PSSI Surabaya

• Ketua Umum Persebaya

• Ketua Umum POBSI Jawa Timur

• Mantan Ketua Umum KONI Surabaya

Istri : Noermilawati

Anak

1. Masyita Ramadita Mukadar

2. Hanifa Rahmania Mukadar

3. Istiqomah Mukadar

4. Muhammad Fauzan Ismail Mukadar

5. Muhammad Zulfikri Syawaludin Mukadar

Pelatih Persebaya

Nama Lengkap                        : Rudy William Keltjes

Tanggal Lahir              : 19 Agustus 1953

Warga Negara             : Indonesia

Peranan                       : Manajer/Pelatih

Para Pemain Persebaya pada ISL 2009-2010

Penjaga Gawang : Syaifudin, Deny Marcel, Endra Prasetya

Bek : Mat Halil, Nugroho Mardiyanto, Takatoshi Uchida, Sofy Hermawan,                                Anang Ma’ruf, Satrio Syam, Taufik Angga Yanuarso, Sunaji, Djayusman Triasdi, Juan Marcello Cirelli

Gelandang : John Tarkpor Sonkaley, M. Taufik, Lucky Wahyu, Arif Arianto, Supriono, Wijay, Jeon Byung Euk

Penyerang : Andik Fermansyah, Erfan Hidayataullah, Korinus Fringkrew, Wimba Sutan Sanosa, Andi Oddang, Patricio Morales

Perjalanan Persebaya pada ISL 2009-2010

Perjalanan Persebaya megarungi kerasnya kompetisi ISL (Indonesia Super League) musim 2009-2010 terbilang cukup berat.

Pada paruh pertama ISL musim 2009-2010, Persebaya bermain cukup apik dalam menghadapi lawan-lawannya, baik di kandang maupun bermain tandang. Hingga paruh pertama musim tersebut, Persebaya sempat menduduki peringkat papan atas. Peringkat terburuk pada saat tersebut ialah peringkat ke-6.

Namun, gejala kerapuhan tim Persebaya sebagai tim yang solid mulai nampak pada paruh kedua ISL musim 2009-2010. Permainan tim mulai memburuk hingga akhirnya terlempar dari persaingan papan atas. Hingga akhirnya peringkat Persebaya melorot hingga ke peringkat ke-15, peringkat terakhir ISL dari jurang degradasi. Jika masih mau bertahan di ISL, itupun harus berjuang lewat jalur playoff.

Melihat kelemahan yang dimiliki oleh tim Persebaya senior, manajemen melakukan beberapa perubahan komposisi pelatih dan para pemain. Di jajaran pelatih, Danurwindo yang sebelumnya menjabat sebagai Pelatih Kepala tim Persebaya senior, dirotasi menjadi Direktur Teknik Persebaya. Di komposisi pemain, para pemain yang dirasa kurang memberikan kontribusi maksimal buat tim Persebaya dijual atau dpinjamkan ke klub lain. Contohnya, Ngon A Djam, Anderson Da Silva dan Josh Magguire. Kemudian mendatangkan beberapa pemain yang berkualitas. Contohnya, Patricio Morales, Juan Marcello Cirelli dan Jeon Byung Euk.

Tetapi, meskipun sudah terjadi perubahan besar pada komposisi tim Persbaya, tetap tidak bisa mengangkat prestasi tim ini untuk keluar dari zona degradasi.

Sekarang Persebaya berjuang untuk mempertahankan peringkat ke-15, jalur playoff. Karena banding yang diajukan kubu Persik Kediri dikabulkan oleh Komisi Banding.

Lawan Putusan Kontroversial

Persebaya menyikapi keputusan Komisi Banding (Komding) PSSI dengan keras. Selain tidak bakal hadir jika keputusan tersebut dikuatkan PT Liga Indonesia, upaya hukum juga akan ditempuh Ketua Umum Saleh Ismail Mukadar.

“Sejak hasil banding itu keluar, kita sudah menyiapkan upaya hukum untuk menentang putusan kontroversial tersebut. Jelas-jelas di manual liga disebutkan kita berhak menang WO, kok Komding menganulir. Ini sama saja dengan membuka borok PSSI sendiri,” terang Saleh, dihubungi Senin (31/5) siang.

Disinggung sejauh mana akan menempuh upaya hukum tersebut, anggota Komisi D DPRD Jatim itu menyebut, sampai putusan itu ditarik. ”Segala jalur hukum akan kita tempuh. Termasuk rencana melaporkan pada AFC dan FIFA,” ancamnya.

Selain itu, Saleh juga menyikapi pertimbangan Komding yang di media menyebutkan sudah mengirim salinan putusan ke Persebaya. ”Sampai hari ini (kemarin, red) putusan itu belum kami terima,” tambahnya.

Pilihan melawan itu terpaksa dilakukan Persebaya. Pasalnya, untuk kasus serupa seperti Persija versus Persiwa yang juga gagal digelar, Persiwa tetap mendapat kemenangan WO. Tapi entah mengapa, Komding punya penilaian lain untuk kasus Persebaya. Tak heran, Saleh menduga keputusan itu keluar karena sikap kritisnya pada PSSI selama ini. ”Jika itu benar, saya justru akan melawan sekeras mungkin. Bahkan resiko apapun saya siap menerimanya,” pungkas Saleh.

Rencana ke Depan

Persebaya mempunyai potensi besar untuk berkompetisi pada ISL musim 2010-2011. Itu jika Persebaya bisa lolos lewat jalur playoff  setelah memenangkan laga berhadapan dengan peringkat ke-4 Divisi Utama. Diakarenakan Persebaya merupakan tim dengan dengan sejarah besar dan sarat pengalaman bermain di liga Indonesia, dari era perserikatan, Galatama, Liga Indonesia hingga era Super League.

Kedua, yaitu selesainya proyek pembangunan Stadion Gelora Bung Tomo. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sendiri akan dibangun berstandard internasional sesuai standard Fi\IFA. PT. Adhi-Rekon Jo sebagai pemenang tender menyiapkan dana sekitar 500 M untuk pembengunan proyek ini, sebuah angka yang fantastis memang. Tak perlu diragukan untuk pembangunan stadion GBT ini. Jalan akses untuk ke GBT pun  nantinya akan dibenahi guna mendukung ‘kemewahan’ stadion GBT ini. Di daerah sekitar stadion pun akan dibangun pula hotel atlet, jogging track, pusat perbelanjaan dan fasilitas penunjang lainnya.

Dibandingkan dengan stadin mewah lainnya yang ada di Indonesia (GBK-Jakarta dan stadion Utama Palaran-Smarinda), GBT yang dibangun di area seluas 500 hektare ini mempunyai beberapa keistimewaan. Diantaranya memiliki flat di setiap keliling lingkarannya, sedangkan GBK dan Palaran hanya berbentuk standar melingkar.

Spesifikasi pembangunan GBT itu sendiri stadion utamanya akan memuat kapasitas sekitar 50 ribu penonton, sedangkan gedung serba guna indoor berkapasitas sekitar 10 ribu penonton. Lampu peneranganberkekuatan 1.200 Luks (parameter kekuatan cahaya) dan akan ditingkatkan lagi pada nantinya. Lintasan atletik juga akan diselesaikan bersamaan,

Rerumputan yang diletakkan di stadion GBT diambil khgusus dari negeri Belanda, rumput jenis ini berjenis Pakltiva Hani’I Evergreen. Dan karena rumput inilah kabarnya proyek ini sempat terbengkalai karena suplai air bersih guna pemeliharaan rumput ini.

Ke depannya, jika proyek pembangunan sudah selesai, stadion GBT ini akan dijadikan markas baru kesebelasan Persebaya Surabaya untuk kompetisi Liga Super.

Dengan adanya stadion baru tersebut, nilai jual dan daya tawar tim persebaya semakin tinggi. Juga popularitas tim persebaya juga ikut terangkat. Yang lebih penting lagi, tempat penginapan para pemain (mess), hotel dan sarana lainnya terpenuhi dengan adanya stadion batu tersebut.

Ketiga, Persebaya mempunyai kelompok suporter, yang sering disebut bonekmania,  yang setia menemani dan mendukung perjuangan persebaya dalam menaklukkan lawan-lawannya. Mereka melakukan hal tersebut baik Persebaya bertindak sebagai tuan rumah maupun berlaga tandang.

Hal tersebut bisa dilihat dari Kapasitas Gelora Sepuluh November Surabaya yang memuat 35.000 suporter selalu sesak dipadati oleh para bonekmania. Dan pemasukan dari tiket melimpah didapat oleh penyelenggara pertandingan. Hal ini menambah pemasukan kepada Persebaya Surabaya. Pemasukan itu untuk menambah kas tim. Dikarenakan selama ini, bahkan sejak dulu, Persebaya masih menggantungkan dana dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Surabaya.

Keempat, menggalang sponshorship dengan perusahaan yang concern pada perjuangan Persebaya ke depan.

Kalau pada ISL musim 2009-2010 AIM Biscuits yang menjadi sponsor utama penyokong dana persebaya dan Diadora yang menyuplai apparelnya. Pada musim 2010-2011, pihak Persebaya akan melakukan eksapansi penjualan merchandise-nya.

Hal itu tak terlepas dari manajer baru Persebaya yang akan menangani Persebaya pada musim 2010-2011. Tentunya manajer Persebaya yang akan terpilih nanti akan memiliki rasa kepedulian yang besar pada masa depan Persebaya.

Keempat dan yang terakhir ialah melakukan pembelian pemain-pemain yang bukan hanya jago dalam hal skill sepakbola, tetapi juga mempunyai wajah dan postur yang disukai oleh penggemar sepakbola, khususnya para wanita dan anak-anak. Contohnya ialah Takatoshi Uchida yang berkewarganegaraan Jepang dan Juan Marcelo Cirelli dari Argentina yang berparas tampan dan berpostur tinggi besar namun begitu kuat sebagai bek untuk ditembus para striker lawan. Untuk ISL musim mendatang juga diharapkan mendapatkan pemain-pein dengan kualifikasi seperti mereka.

Dengan datangnya para suporter wanita dan anak-anak di stadion untuk melihat pertandingan Persebaya, diharapkan bisa menekan angka kerusuhan di stadion. Hal ini tak lain meniru Negara Inggris dalam menangani para

Holligan yang selalu berbuat rusuh di even antar negara atau tingkat klub.

Penulis: fitrianimaduddin

Aku adalah petualang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s