Blog Khusus Cak Rian

Menyampaikan kebenaran dan kedamaian

DI BALIK SARASEHAN BERSAMA DEWAN SYURO LDK STAIL

Tinggalkan komentar


Pertemuan pengurus LDK STAIL yang baru dengan para anggota dewan syuro ialah pertemuan yang pertama. Petemuan itu bernama sarasehan bersama anggota dewan syuro.

Petang itu,  tepatnya ba’da maghrib pada pertengahan januari 2010, berkumpullah sekelompok ikhwan mahasiswa STAIL semester V dan VII di mushollah Sakinah. Jumlah mereka sekitar 15-an orang. Mereka menunggu sekelompok lainnya datang ke mushollah Sakinah sambil berbincang tentang berita keislaman terhangat dan perkembangan dakwah islam akhir-akhir ini.

Selang beberapa menit kemudian, datanglah kelompok mahasiswa yang dari tadi ditunggu-tunggu tersebut. Mereka terdiri dari para ikhwan dan akhwat.

Mereka ialah para anggota dewan syuro LDK STAIL dan para pengurus inti LDK STAIL. Petang itu, para pengurus inti LDK STAIL  akan mengadakan sarasehan bersama para anggota dewan syuro.

Acara dibuka oleh akhi Afri selaku pembawa acara sarasehan tersebut. Acara dilanjutkan dengan lantunan ayat-ayat suci al-Qur’an oleh akhi Muhammad Hasan, qori’ handal mahasiswa semester V.

Kemudian, memasuki acara inti, sang ketua LDK, akhi Hendar, memimpin acara sarasehan bersama para anggota dewan syuro LDK. Dia mempersilahkan sang ketua dewan syuro, akhi Lukman Al-Hakim, agar menyampaikan pengalaman-pengalamannya, suka-dukanya selama memimpin LDK STAIL. Akhi Lukman pun menyampaikan pengalaman-pengalamannya dan suka-dukanya selama memimpin LDK STAIL selama setahun dia memimpin. Menurut akhi Lukman, memimpin LDK STAIL dapat dikatakan gampang-gampang susah. Dapat dikatakan gampang karena para pengurus LDK ialah para mahasiswa yang juga santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya. Hal ini berdampak pada tingkat pemahaman agama anggotanya yang dapat dikatakan mencukupi dan kemudahan pada koordinasi karena letaknya yang berdekatan. Dapat dikatakan susah karena, menurut akhi Lukman, sering terjadi benturan jadwal LDK dengan jadwal pesantren. Meski demikian, akhi Lukman memberikan semangat kepada para pengurus LDK yang baru tersebut. Mengurus dakwah ialah tugas mulia dan tak semua orang bisa menjalaninya dengan istiqomah. Dan insya Allah pahalanya di sisi Allah akan mengalir terus-menerus.

Para anggota dewan syuro yang lain, seperti Syaf’i, bagian Humas, Rian, bagian infokom dan Sufyan, bagian Dakwah selama menjadi anggota LDK juga buka suara menyampaikan pengalaman-pengalamannya dan suka-dukanya selama menjalankan roda organisasi LDK STAIL tersebut.

Pelajaran penting

Apa yang bisa dipetik dari berita di atas sebagai pelajaran?

Ada satu pelajaran berharga yang dapat kita petik demi kebaikan LDK STAIL pada khususnya. Yaitu pelajaran tentang konsep imamah-jama’ah yang telah menjadi konsep kepemimpinan Hidayatullah.

Di periode 2010-2011 ini, akhi Hendar menjabat sebagai ketua LDK STAIL dan dia membawahi sekretaris, bendahara, ketua-ketua departemen dan para anggota LDK yang lainnya. Namun, secara koordinasi dia masih dalam pengawasan dewan syuro LDK karena para anggota dewan syuro LDK STAIL merupakan mitra dan pengawas pengurus LDK STAIL dalam menjalankan roda organisasi. Para anggota dewan Syuro LDK STAIL yang dikomandani akhi Lukman al-Hakim mengawasi pengurus LDK STAIL sekarang, apakah masih ada program-program LDK yang belum terlaksana dan membantu program-programnya meskipun tidak dalam tataran teknis. Karena dalam tataran teknis sepenuhnya dipegang oleh para pengurus LDK STAIL sekarang.

Kepemimpinan model imamah-jama’ah ini jika diamalkan secara istiqomah dan terus menerus secara khusus organisasi LDK STAIL ini, insya Allah akan ada kemudahan untuk organisasi ini dan para pengurusnya. Dan, pada akhirnya kebangkitan islam akan segera datang.

Penulis: fitrianimaduddin

Aku adalah petualang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s